Senin

Potensi Bumi Parahyangan

Sorang sahabatku berujar, "Tuhan menciptakan bumi Parahyangan ini sambil tersenyum". Ucapan ini keluar untuk melukiskan betapa indahna pemandangan yang ada di bumi Parahyangan ini. Kontur-kontur tanah yang menawan dengan bukit-bukit dan lembah yang memancarkan keangungan, kesuburan tanah yang menghidupi penduduk penghuninya. Hasil pertanian, peternakan dan kerajinan melimpah ruah di bumi Parahyangan itu sendiri dan bahkan sampai ke manca negara.

Salah satu keindahan yang ada adalah kontur dan tempat-tempat wisata yang ada di Garut. Memang jika dibandingkan dengan peta wisata Jawa Barat lainnya objek wisata yang ada di Garut belum sepopuler Puncak, Pantai Carita, Tangkuban Perahu atau Anak Kerakatau. Objek wisata garut memang belum didandani. Ibarat gadis manis yang belum dirias dan belum mau menampakan keanggunan dan kecantikannya. Namun jika sudah objek wisata yang ada di kabupaten Garut ini sudah didandani dan diolah sedemikian rupa sehingga tidak mustahil jika ketenaran objek wisata Garut dapat mengalahkan objek wisata yang lainnya yang ada di bumi Parahyangan ini. Hal ini sangat mungkin karena Garut sangat potensial dengan banyaknya objek pariwisata dengan berbagai keunggulannya terutama keindahan panorama alamnya.Kesemuanya itu bergantung pada kesigapan pemda dan masyarakat daerah itu sendiri.

Objek wisata di Garut dapat digolongkan dalam tiga kategori yaitu wisata alam, wisata olah raga dan wisata bersejarah. Wisata alam yang ada di garut antara lain : Gunung Papandayan, Situ Bagendit, Situ Cangkuang, Pantai Sayang Heulang, Talaga Bodas, Kamojang, Hutan Sampang, Rancabuaya dan objek wisata lain yang mungkin belum terolah. Wisata olah raga meliputi : Cipanas yang menyediakan kolam renang dengan sumber air panasnya, Ngamplang dengan pemandangan alam yang bagus dan terdapat lapangan golf serta Sampireun yang sangat menawan di sini tersedia medan untuk arung jeram. Sedangkan wisata sejarah menunjukan bahwa di bumi Garut dulunya terdapat sebuah peradaban yang sempat mengalami kejayaan. Banyak tempat-tempat bersejarah peninggalan tempo dulu. Wisata sejarah yang ada di Garut antara lain : situs makam-makam kuno, Candi Cangkuang dan benda-benda pusaka yang terdapat di Ciburuy.(wahyu)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar